Capaian Pembelajaran Lulusan

Aspek Sikap

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral, dan etika dalam menjalankan tugas.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • Berperan sebagai warga negara yang bertanggung jawab, cinta tanah air, dan memiliki nasionalisme.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat dan temuan orisinal orang lain.
  • Bekerja sama, memiliki kepekaan sosial, dan kepedulian terhadap masyarakat serta lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menunjukkan sikap tanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Aspek Pengetahuan

  • Menguasai konsep, teori, dan perkembangan terbaru dalam bidang administrasi pendidikan untuk pendidik dan peneliti.
  • Mengembangkan dan mengaplikasikan metode mutakhir dalam manajemen strategik dan penyusunan rencana strategik pendidikan.
  • Mampu menganalisis, memproyeksikan, serta memecahkan masalah administrasi pendidikan sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia dan global.
  • Menghasilkan konsep inovatif dalam pengembangan manajemen sumber daya manusia pendidikan berbasis kepulauan.
  • Menghasilkan penelitian yang berkelanjutan, relevan, dan berkontribusi pada pengembangan ilmu administrasi pendidikan secara nasional maupun internasional.
  • Menghasilkan konsep perubahan dan inovasi berbasis data riil dan informasi akurat di bidang administrasi pendidikan.
  • Mampu menghasilkan knowledge management serta teori baru melalui penelitian dan publikasi ilmiah bereputasi.

Aspek Keterampilan Umum

  • Mampu menemukan, mengembangkan, dan mengaplikasikan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru yang memperhatikan nilai humaniora, melalui penelitian ilmiah dengan metodologi ilmiah yang logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
  • Mampu menyusun dan melaksanakan penelitian interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, serta mempublikasikan hasilnya pada jurnal internasional bereputasi dan seminar ilmiah.
  • Mampu memilih, merancang, dan melaksanakan penelitian yang berdampak bagi kemaslahatan masyarakat luas.
  • Mampu mengembangkan roadmap penelitian dengan pendekatan lintas disiplin.
  • Mampu menyusun argumen dan solusi ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan etika, serta mengkomunikasikannya secara efektif ke masyarakat luas.
  • Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumber daya serta organisasi di bawah tanggung jawabnya.
  • Mampu mengelola, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data serta informasi hasil penelitian.
  • Mampu membangun dan memelihara jaringan kerja sama dengan komunitas penelitian baik di dalam maupun di luar institusi.

Aspek Keterampilan Khusus

  • Mampu merancang, merencanakan, dan mengimplementasikan administrasi pendidikan inovatif sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia dan internasional, khususnya berbasis kepulauan.
  • Mampu merencanakan, menyelenggarakan, dan memimpin seminar, lokakarya, simposium, serta kegiatan ilmiah lain di tingkat nasional dan internasional.
  • Mampu melakukan transfer dan sharing knowledge dalam manajemen pendidikan dalam berbagai bentuk (tacit dan explicit knowledge).
  • Mampu menganalisis kebutuhan, mengambil keputusan strategis, dan menyusun kebijakan pendidikan dengan pendekatan mono maupun multidisiplin.
  • Mampu menemukan, merancang, dan mengembangkan model serta aplikasi administrasi sistem informasi pendidikan untuk memecahkan masalah di wilayah kepulauan.
  • Mampu menganalisis, mengkaji, dan menyusun kebijakan pembiayaan pendidikan berdasarkan aspek ekonomi, politik, sosial, dan budaya berbasis kepulauan.
  • Mampu mengatur, membagi tugas, mengkoordinasikan sumber daya pendidikan secara efektif, serta melakukan perubahan dan pengembangan dalam administrasi pendidikan.
  • Mampu melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan untuk perbaikan dan pengembangan pendidikan berbasis kepulauan.